Senin, 11 Mei 2015

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA 2# Pengertian Ekonomi


PENGERTIAN EKONOMI

            Ekonomi menurut bahasa yaitu berasal dari bahasa yunani yaitu oikos berarti keluarga atau rumah tangga sedangkan nomos berarti peraturan atau aturan. dengan kata lain ekonomi mempunyai arti ilmu sosial yang membahas dan mempelajari tentang kegiatan manusia berkaitan langsung dengan distribusi,konsumsi,dan produksi pada barang dan jasa. Dalam kehidupan sehari-hari ekonomi dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu ekonomi di sebut sebagai ilmu yang berhubungan dengan sumber daya material individu,masyarakat,negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan. Sebab itulah ekonomi merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan tindakan dan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Pada dasarnya masalah ekonomi selalu dihadapi manusia sebagai mahluk sosial dan mahluk ekonomi. Karena jumlah kebutuhan manusia tak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan terbatas. Faktor fisik,moral,pendididkan,ekonomi,sosial budaya merupakan faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang dengan orang lain. Oleh karena itu faktor-aktor tersebut dijadikan acuan untuk menangani masalah ekonomi yang terjadi. Permasalahan ekonomi pun makin lama makin berkembang seiring perkembangan zaman.
Hubungan antar paragraf :
Paragraf pertama membahas tentang pengertian ekonomi secara tata bahasa maupun secara detail sedangkan paragraf kedua membahashal yang berkaitan dengan paragraf pertama,masih membahas tentang masalah ekonomi dan faktor-faktornya . jadi paragraf pertama dan kedua mempunyai hubungan yaitu memiliki tema yang sama namun isian yang mendetail pada tiap paragranya.


0 komentar:

Posting Komentar