Senin, 11 Mei 2015

TUGAS 4 BAHASA INDONESIA 2# Barang Ekonomi


BARANG EKONOMI

        Barang ekonomi merupakan salah satu dari alat pemuas kebutuhan. Yang tebagi menjadi dua yaitu barang dan jasa. Perbedaan barang dan jasa terlihat jelas, barang merupakan sesuatu yang dapat terlihat mata dan dapat dirasakan manfaatnya sedangkan jasa merupakan sesuatu yang tidak dapat terlihat namun dapat dirasakan manfaatnya. Contoh barang yatitu sepeda motor,mobil,rumah dll. Sedangkan contoh jasa yaitu jasa salon,bengkel,dokter dll.

           Barang ekonomi secara detail dapat dikelompokan menjadi barang berdasarkan cara memperolehnya,tujuan penggunaannya,proses produksi,hubunganya dengan barang lain,kualitas barang,dan jaminan. Pengelompokan tersebut di buat agar kita dapat membedakan barang ekonomi secara lengkap dan detail.

Berdasarkan cara memperolehnya dapat di bagi menjadi dua yaitu barang ekonomi dan barang bebas. Berdasarkan tujuan penggunaannya juga dapat dibagi menjadi dua yaitu barang konsumsi dan barang produksi. Berdasarkan proses dapat dibagi menjadi tiga yaitu barang mentah,barang setengah jadi dan barang jadi. Berdasarkan hubungannya dapat dibagimenjadi dua yaitu barang subsitusi dan barang komplenter. Berdasarkan kualitas dapat dibagi menjadi tiga yaitu barang superior,inferior dan pertengahan. Dan berdasarkan jaminan dapat dibagi dua yaitu barang bergerak dan tidak bergerak.
Daftar pustaka:
Sri mulyanti,2009.buku ekonomi.BSE.jakarta: pusat perbukuan depdiknas
Pratama raharja,2004.pengantar ilmu ekonomi(mikroekonomi & Makroekonomi) edisi revisi. Jakarta : FEUI


0 komentar:

Posting Komentar