Selasa, 01 April 2014

Tugas tulisan Teori Organisasi Umum: Enam prinsip ilmu yang didasari islam

Enam prinsip ilmu yang didasari islam

        Islam adalah salah satu agama yang diturunkan oleh Allah S.W.T kepada Nabi  Muhammad S.A.W sebagai Nabi terakhir (akhiruzzaman). dalam agama Islam,manusia telah diberikan pelajaran sebelum mereka dilahirkan kedunia selama mereka masih didalam kandungan ibu selama 9 bulan 10 hari, bisa dikatakan ilmu yang diberikan itu adalah sebuah proses metamorfosis manusia selama menjalani hidup di dunia. enam prinsip ilmu yang diberikan selama kehidupan manusia didunia diantaranya:

  1. Kesabaran
  2. Keikhlasan
  3. Kejujuran
  4. Nazar 
  5. Ikhtiar
  6. Do'a

setiap ilmu ynag telah dijabarkan memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kesabaran

Kesabaran disini bisa diartikan sebagai ilmu sabar yang sudah didapat selama dalam masih didalam kandungan, menunggu hari, waktu, dan tanggal kelahiran kita didunia selama fase didalam rahim ibu.
  • Keikhlasan 

keikhlasan bisa dairtikan sebagai ilmu ikhlas yang sudah didapat setelah kita lahir kedunia, manusia yang baru dilahirkan kedunia masih dalam keadaan suci tanpa dosa, tapi sudah siap menerima kekurangan dan kelebihannya setelah dilahirkan secara ikhlas dan rendah hati yang sudah tertulis di lauhul mahdfuz.
  • Kejujuran

Kejujuran adalah ilmu ketiga yang kita dapatkan dalam fase pertumbuhan kita dari bayi menjadi anak-anak. anak yang berumur 1-7 thaun bisa dikatakan masih putih dan tidak bisa berkata bohong kepada orang disekitarnya. fase selanjutnya 7 sampai seterusnya adalah tergantung dari pendidikan orang tua dan lingkungan sekitarnya.
  • Nazar

Nazar adalah ucapan janji kepada Allah SWT yang harus ditepati jika ucapan yang dikatakan tersebut telah dapat diraih dengan gemilang. nazar terkadang dilakukan oleh orang dewasa yang berumur sekitar mulai 15 tahun.
  • Ikhtiar

khtiar bisa dikatan juga sebagai kerja keras atau berusaha untuk mendapatkan sesuatu ynag kita inginkan tanpa harus banyak mengeluh dan berdiam diri menunggu sesuatu yang tidak nyata.
  • Do'a

Do'a adalah ungkapan kesenangan kesedihan kepada Allah SWT yang diucapkan dalam setiap tutur kata insan manusia yang memohon ridho dan rahmat Allah SWT.

          Semua ilmu yang telah dijabarkan adalah landasan utama manusia sebagai tuntunan hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari. ilmu 1-3 sangat erat kaitannya dengan kehidupan masa kecil manusia yang masih dalam keadaan suci dan putih bersih, seiring dengan perjalanan manusia terkadang semuanya bisa terkikis jika tidak selalu diterapkan dan diajarkan selama mereka masih kecil. ilmu 4-6 berhubungan erat dengan sikap dewasa manusia. semua ilmu ini adalah sebuah rancangan hidup manusia dalam menjalani hidup. semua ilmu itu harus diterapkan sebagai landasan utama menuntut ilmu yang lain sebagai penunjang kehidupan didunia dan akhirat.
         akhir kata saya ucapkan semua apapun yang kita lakukan kembali kepada diri masing-masing bagaimana cara menyikapinya.


0 komentar:

Posting Komentar