Rabu, 25 Juni 2014

Tugas Teori Organisasi Umum ke 4.




INOVASI ATAU IDE KREATIF & UNIK


Inovasi atau ide (bahasa Inggris: innovation) dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan/atau jasa), proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).

Inovasi sebagai suatu “objek” juga memiliki arti sebagai suatu produk atau praktik baru yang tersedia bagi aplikasi, umumnya dalam suatu konteks komersial. Biasanya, beragam tingkat kebaruannya dapat dibedakan, bergantung pada konteksnya: suatu inovasi dapat bersifat baru bagi suatu perusahaan (atau agen/aktor), baru bagi pasar, atau negara atau daerah, atau baru secara sejagat. Sementara itu, reka baru sebagai suatu “kegiatan” merupakan proses penciptaan reka baru, seringkali diidentifikasi dengan komersialisasi suatu reka cipta.

Istilah inovasi memang sering diartikan secara berbeda, walaupun pada umumnya memiliki pemaknaan serupa.
Inovasi , dalam ilmu lingusitik adalah fenomena munculnya kata-kata baru dan bukan kata-kata warisan. Inovasi berbeda dengan neologisme. Inovasi bersifat 'tidak sengaja'.

kreatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
Daya cipta di masa kini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor: keturunan dan lingkungan.

Unik - Menurut kamus bahasa indonesia, Unik adalah tersendiri bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain dan tidak ada persamaan dengan yang lain. Jadi unik dapat dikatan sebagai sesuatu yang sangat spesial dan jarang dijumpai.

NB:
Jadi dapat disimpulkan Inovasi atau ide unik dan kreatif adalah sebuah proses pengembangan dan atau pemanfaatan ilmu pengetahuan yang lahir dari pemikiran, gagasan atau konsep baru, yang dapat menciptakan sesuatu yang beda dari pada yang lain dan jarang di jumpai di dunia ini, baik itu berupa barang jasa, berwujud atau tidak berwujud dsb.
       
        Berikut adalah sebuah inovasi atau ide kreatif & unik yang lahir dari sebuah pemikiran seorang Fotografer asal inggris : sebuah foto yang diciptakan dari bahan-bahan makanan. :

     Fotografer Inggris bernama Carl Warner adalah contoh sempurna dari orang yang kreatif, karena ia mempunyai inovasi atau ide untuk membuat pemandangan (landscapes) yang seluruhnya terbuat dari bahan makanan yang ia sebut sebagai Foodscapes. Karya-karyanya ini terinspirasi oleh karya fotografer asal Amerika bernama Ansel Adams, dan inspirasi lainnya berasal dari karya-karya sastra seperti The Wizard of Oz dan Charlie and The Chocolate Factory.






     Sepintas hasil karyanya ini tampak seperti lukisan, namun jika anda perhatikan dengan seksama anda pasti bisa melihat bahwa seluruh elemen pemandangan ini terbuat dari bahan makanan, seperti jamur, keju, roti, daging, buah-buahan dan sayur-sayuran, coklat, bahkan ice cream. Ini benar-benar hasil karya yang sangat menakjubkan dan sekaligus bisa membuat perut anda keroncongan.






     Proses pembuatan Foodscapes ini biasanya dimulai dengan menggambar sketsa terlebih dahulu oleh Carl Warner, lalu dengan bantuan seorang model makers dan food stylish maka set pun dibuat, dan akhirnya, ia pun mengambil foto dan memanipulasinya pada komputer Mac miliknya. Kedengarannya cukup sederhana, tetapi percayalah, prosesnya sangat melelahkan dan dapat berlangsung hingga beberapa hari.

     Carl Warner juga menghabiskan banyak waktu menatap sayuran di sebuah pasar tradisional setempat. Ya, mungkin terdengar aneh bagi anda, tetapi menemukan sebuah bentuk brokoli yang tepat untuk dijadikan sebuah pohon adalah hal yang sangat penting baginya.





   
     Jika anda tertarik dengan Foodscapes karya Carl Warner ini dan ingin mengoleksinya, ada kabar baik untuk anda karena Carl Warner telah menerbitkan sebuah buku yang berjudul Carl Warner’s Food Landscapes. Anda dapat membeli buku yang mempunyai 128 Halaman ini melalui amazon dengan harga $15 USD atau kurang lebih sekitar Rp. 145.000 dan jika anda sudah membelinya, tolong kabari kami, siapa tahu kami boleh meminjamnya.



REFRENSI :


0 komentar:

Posting Komentar